Mengapa Harga Logo Mahal?

(ini logo saya pribadi, hehehehe... thevenomost)
Ada beberapa alasan mengapa sebuah logo memiliki harga yang mahal (bahkan meski menurut orang lain desainnya simpel, biasa aja, dll).
Pertama, ditinjau dari aspek proses pembuatannya. Setidaknya, ada delapan proses pembuatan logo, dan semuanya tidak mungkin dikerjakan hanya selama 1-3 hari (makanya aneh kalo ada yang sanggup bikin logo hanya dalam satu atau dua hari, prosesnya seperti apa?). Ini salah satu faktor mengapa sebuah desain (khususnya logo) bisa menjadi sangat mahal. Bikinnya lama, terus menghabiskan banyak energi dan pikiran. Ini kedelapan proses itu:



  • Desain Brief: Memberikan kuesioner atau melakukan wawancara dengan klien untuk mendapatkan gambaran desain yang diinginkan.
  • Riset & Penelitian: Melakukan penelitian yang difokuskan pada bisnisnya itu sendiri. Misal, sejarah dan sistem kerja perusahaannya, siapa saja pesaingnya, dan strategi branding apa yang sudah dilakukan oleh para pesaing.
  • Referensi: Melakukan penelitian soal desain logo yang telah sukses. Mengapa logo-logo tersebut bisa sukses dikenali banyak orang? Mengapa logo-logo tersebut bisa berhasil meningkatkan branding?
  • Sketsa & Membuat Konsep: Mengembangkan konsep desain logo sesuai apa yang didapatkan dari brief, riset dan referensi.
  • Refleksi: Mengambil istirahat selama proses desain, mematangkan ide, dan mengubahnya ke format digital.
  • Presentasi: Menyajikan beberapa konsep logo ke klien.
  • Revisi Minor (bukan redraw): Melakukan sedikit perbaikan (jika ada).
  • Finishing.

  • Kedua, ditinjau dari nilai logonya itu sendiri. Ada empat faktor:
  • Logo adalah kesan pertama yang dirasakan oleh orang lain terhadap suatu bisnis, karena logo merupakan representasi dari suatu perusahaan. Kesan ini dapat membuat orang-orang menilai perusahaan tersebut sebagai bisnis yang serius dan profesional.
  • Logo membutuhkan umur panjang. Setelah dirancang, logo akan mewakili wajah suatu perusahaan selama bertahun-tahun.
  • Logo harus asli. Sebuah logo harus dirancang khusus. Sebuah "logo generik" tidak akan bisa mencerminkan nilai-nilai suatu perusahaan.
  • Logo harus tampak profesional. Logo yang dibuat asal-asalan dan tidak memerhatikan aspek-aspek komunikasi dan kepantasan akan menyebabkan suatu bisnis dianggap tidak profesional.


  • Tambahannya:
    Quote:Original Posted By unreback â–º
    ane tambahin nih, kenapa logo itu bisa mahal2 gitu selain emang orang yang buatnya udah terjamin kualitas kerjanya

    ada 5 prinsip untuk buat logo menurut Jacob Cass (logo designer):
    simple, mengesankan, gak akan termakan waktu, versatile (ane bingung nyari bahasa Indonesia yg tepatnya, intinya sebuah logo bisa dipakai disegala ukuran, bisa di cetak dalam satu warna), tepat/cocok dgn produk yg diwakili oleh logo tersebut.

    nah susah kan memenuhi 5 prinsip itu, sebenernya sih teorinya banyak ane kasih ilmu yg gampang diterapin aja
    nih contoh logo yang gak timeless dan yg timeless:
    Spoilerfor contoh logo:
    Sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/52861b35fdca179001000004

    Comments